SELAMAT DATANG !

SELAMAT DATANG, blog ini didedikasikan bagi semua yang ingin bekerja di kapal pesiar, mengetahui dunia kapal pesiar, atau sekedar ngobrol sesama crew.....

Senin, 05 Maret 2012

HOUSEKEEPING DEPARTMENT


 Saya bekerja dibagian ini, sedikit banyak saya akan bercerita di Departemen ini.

Bagian ini dipimpin oleh seorang Manager dibantu oleh Asistant Manager, yang bertanggung jawab atas kebersihan seluruh kapal, day to day.

Di bagian inilah biasanya terdapat banyak crew dari Indonesia dengan posisi Hotel Steward, Assistant Stateroom, Stateroom Steward dan Floor Supervisor.
Inilah posisi ujung tombok kebersihan di kapal pesiar. Di posisi Stateroom Steward bahkan ada yang sudah bekerja selama lebih dari 15 tahun...!

Hotel Steward,
Di Indonesia untuk mudahnya dapat disamakan dengan Cleaning Service. Dengan jam kerja 10 jam, mulai jam 5 pagi sampai jam 5 sore total 12 jam dikurangi istirahat makan pagi satu jam dan makan siang satu jam. Anda akan bertugas di kolam renang/crew area/gang way, dgn tugas utama menjaga kebersihan area. Yang bertugas di kolam renang, selain cuci mata...heee... anda juga akan bertugas menata korsi- korsi panjang untuk disusun dgn rapih di sekitar kolam, distribusi handuk, nyikat kolam dll.
Dimalam embarkasi ( malam terakhir/akhir cruise sebelum menurunkan penumpang), kurang lebih jam 10 malam,  anda bersama Assistant Stateroom akan menurunkan luggage/koper dari koridor kamar tamu ke Marshaling Area, tempat di dek 3 dimana semua luggage dikumpulkan. Kapal sedang, biasanya selesai by midnight, paling telat jam 12.30. malam. Untuk Kapal besar biasanya selesai jam 00.02-00.03 pagi.
Besoknya, setelah semua penumpang turun, kurang lebih jam 1.30 siang, anda kembali akan menaikkan luggage penumpang baru.. kalau  KAPAL SEDANG biasanya selesai jam 6 sore. Kalau KAPAL BESAR.. bisa sampai jam 7 malam.
Salary US$ 500/month, tiket dibelikan oleh perusahaan. Next contrac kalau altitude baik dan kerjaan bagus biasanya naik posisi ke Assistant Stateroom.

Assistant  Stateroom
Bersama dengan Stateroom Steward akan menangani  kebersihan kamar tamu/guest cabin
Assistant  Stateroom juga bertugas menjaga kebersihan di publik /guest area. Disini dibagi menjadi 4 Group : A, B, C, D.
Group A jam kerja dari Pukul 8.00-13.00 di Guest Cabin, Pukul 14.00-19.00 di Public Area.
Group B dari pukul 8.00-13.00 di Guest Cabin. Pukul 19.00-23.30 di Public Area.
Group C dari pukul 7.00-13.00 di Publik Area Area. Pukul 18.00-22.00 di Guest Cabin
Group D dari pukul 18.00-22.00 di Guest Cabin. Pukul 23.30-05.00 di Guest Area.
Untuk Group A biasanya kita mendapat giliran Day-off. Biasanya pada waktu kerja di Public Area pada waktu Kapal di Port. Jadi kita bisa turun ke darat bareng-bareng tamu... Enjoy your day...., have a good day.
Salary US$ 1500 – 1800,-  tergantung Section besar/kecil,musim liburan atau musim sepi.Tipping system, ticket harus beli sendiri.


Stateroom Steward
Tugas utamanya adalah take care tamu, greeting tamu WELCOME ON BOARD,  diterjemahkan dengan selalu menjaga kamar tamu bersih dan rapi, memahami keinginan tamu dll.
Jam kerja 8.00-13.00. Sambung lagi sore hari mulai jam 18.00-22.00.
Stateroom Steward dan Assistant Stateroom akan sangat sibuk pada hari terakhir cruise, dimana ia akan membereskan semua kamar tinggalan tamu sebelumnya, hingga siap digunakan oleh tamu yang baru. Tidak seperti Hotel pada umumnya dimana tamu datang dan pergi silih berganti, kalau di Kapal Pesiar sekali Cruise anda minimal akan mempersiapkan 25 kamar dengan kamar yang rata-rata berantakan...!. Stateroom Steward tidak ada hari libur, ia akan mendapat libur apabila dapat point section terbersih/dapat guest comment terbaik.
Salary  +/-US$ 2500-4000,- tergantung besar kecilnya Section dan musim liburan atau musim sepi. Tipping System, ticket beli sendiri.

Floor Supervisor
Bertanggungjawab langsung ke Asisstant Manager, bertugas mengawasi/ men check hasil pekerjaan Stateroom/Asisstant Stateroom. Biasanya mengawasi dua lantai yang mencakup lebih dari 20 section. Dibagian ini masih jarang orang Indonesianya. Kesulitan utama adalah apabila sesama orang Indonesia biasanya ada rasa sunkan/bias, sehingga penilaian menjadi tidak obyektif. Posisi ini juga rawan konflik. Di Carnival posisi ni banyak di pegang orang-orang dari Eropa Timur yang nota bene mereka sebagai manusia biasa tentunya mempunyai sisi humanis juga. Pandai-pandailah menjaga hubungan dengan mereka.

Assistant Manager
Bertanggung jawab ke Manager, untuk memastikan area yang ditugaskan dalam keadaan bersih, neat dan tiddy. Sudah ada beberapa orang Indonesia yang menduduki posisi ini. Dari beberapa kali diskusi dgn mereka biasanya ada rasa sungkan dgn orang sendiri, kalau dikasih kelonggaran kitanya pada ngelunjak, dikerasin pada ngancam kalau pulang ke rumah..... baik-baiklah dengan mereka ..kita sama-sama mencari penghasilan demi masa depan kita atau keluarga kita.

Laundry 
Dipimpin oleh seorang Manager, Assistant Manager, Laundry Atendant. Kemudian ada Linen Keeper,Taylor. Dibagian ini 99 % adalah  orang Indonesia. Asli Indonesia..Made in Indonesia.

209 komentar:

  1. Saya, Andy lagi... mohon info lagi ttg house keeping. thks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih telah berkunjung, nanti saya tambah lagi ceritanya..

      Hapus
  2. Amir Hamzah28/08/12, 14.48

    Mas selmat idul fitri 1403 H. Mohon maaf lahir batin.
    Saya cari2 tentang kehidupn di kapal pesiar buat crew seperti apa...? apakah buat perempuan (sepupu)kalau kerja di kapal pesiar, aman..?
    Wass

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami juga mengucapkan selamat Idul Fitri 1433H mohon maaf lahir batin.
      Buat perempuan, kerja di kapal pesiar cukup aman....di Carnival banyak sekali perempuan yang menempati berbagai posisi.
      Pastinya nanti akan saya tulis tentang ship's life.. terima kasih telah berkunjung.

      Hapus
    2. kalo perempuan berjilbab, bisa gak ya?

      Hapus
    3. Hallo....
      Tanpa mengurangi semangat anda, coba tanyakan di Agen Kapal Pesiar nya ...
      Saya ga tau pastinya ,sebab selama di kapal belum pernah ketemu sama yang berjilbab.....entah kalau sekarang-sekarang dengan semakin banyaknya wanita yang berjilbab

      Thks telah berkunjung

      Hapus
  3. Posisi yg bagus dan enak buat pemula apa? Dan gajinya berapa? Tolong di jwb ya bro

    BalasHapus
  4. Kalau buat pemula, biasanya agan di taro di Galley (FB), atau Hotel Steward (HK). Atau bisa ke Laundry Attendant. Gaji Pertama sekitar USD 500.

    BalasHapus
  5. yang lebih banyak orang Indonya di HK apa di FB min biasanya ?
    pengen tau aja,agar kedepanya bisa lebih enak kalo ada banyak orang indonya

    BalasHapus
  6. sepertinya seimbang gan...

    BalasHapus
  7. tiket beli sendiri maksudnya gimana gan??

    BalasHapus
  8. Pada posisi tipping sistem, tiket ya ngemodal sendiri. Tapi tergantung juga pada kebijakan perusahaan masing-masing. Thks telah berkunjung

    BalasHapus
  9. mw nanya ni...

    apakah bekerja di kapal pesiar itu ada istilah jenjang karir??
    misalnya di bagian hotelnya, dri resepsionis naik jabatan ke asisten keuangan lalu naik lg ke atas jd kepala keuangan hingga ke manajer hotel??

    atau dari pertama kita masuk jd resepsionis mentok jd resepsionist seterusnya?

    BalasHapus
  10. Thks telah berkunjung. Semua ada jenjangnya, tergantung prestasi kerja tentunya

    BalasHapus
  11. Halo Bro, maaf mau tanya, mungkin agak konyol, kalau kita ada kelainan saraf, singkatnya tdk terlalu sumringah dlm menyambut tamu on board, dlm hal ini pemula, apakah bisa diterima kerja dicruise ship?? Thank you very mucho

    BalasHapus
  12. Hallo bro Alex, thks telah berkunjung.
    Yang namanya Hospitality industri ya sebaiknya kita selalu berwajah sumringah, muka cerahh bro, ketawa lebaar. Baiknya latihan di cermin heee.,... Biasakan menyapa dgn segenap hati dan pikiran, jadi ekspresi yang keluar di wajah dengan sendirinya akan friendly.
    Pemula model begini bisa aja diterima...tapi munkin ditaro di tempat yang bakalan ga kontak sama tamu....

    BalasHapus
  13. Punten kang Viesta saya mau tanya2 boleh?
    kalo usia 28 thn,bhs inggris bagus,ijazah D1 PERHOTELAN.. 6 bln teori 6 bln praktek/job training.
    Apa itu udah cukup jadi modal kuat saya agar bisa di terima oleh pihak kapal? Tapi sebelumnya saya ga punya pengalaman kerja di kantor atau bidang2 lain..
    Pengalaman saya cuma jadi anak band..
    Gimana Kang?

    BalasHapus
  14. Punten kang Viesta saya Eko mau tanya2 lagi nerusin pertanyaan yg di atas (orang yg sama)
    Kalo saya melamar pilih di HOUSEKEEPING apa bisa langsung pilih posisi,,misalnya Stateroom Steward atau minimal Asistant Stateroom?
    Kalau misalkan bisa keterima di posisi Stateroom Steward,,apa salary saya $2500-$4000 per month dengan level basic alias belum pernah kerja di kapal pesiar?
    Tolong dijawab Kang,,sebelumnya HATUR NUHUN...

    BalasHapus
  15. Nuhun kang sudah ngalongok disini.
    Modal udah cukup, tinggal nanti gimana agen sama owner yang mau wawancara, coba aja apply..
    Cuma kalau ujug-ujug megang posisi Stateroom steward tanpa pernah kerja di kapal, agaknya owner juga rada mikir. Anda harus biasa dan bisa making bed at least 40 - 60 bed di akhir cruise, sebelum tamu baru pada datang..

    BalasHapus
  16. Assalamualaikum....

    Kang saya Ridwan dari garut
    saya udah keterima di Carnival (fascination) sebagai Hotel Steward join tgl 9 Mei 2014.
    Kang kalo Hotel Steward kira-kira ada Side Jobnya gak?
    kalo ada, apa aja?

    Hatur Nuhun...
    Wa alaikum salam wr wb.....
    Saya mau tanya kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. berapa gaji awal dicarnival kang...bagian hotel steward?

      Hapus
    2. Hallo..
      Gaji awal usd 500 an
      Thks telah berkunjung

      Hapus
  17. Waalaikum salam..

    Waah wilujeng atuh nya udah mau join..
    Side job yang diperkirakan masih ada...ambil cucian/nyuciin baju, 1USD per baju, jadi lighting man di acara Show, jadi tukang angkut dan display lukisan di Art Auction, jualan kartu TLP, dll coba aja tanya2 nanti kalau udah join di kapal....munkin sekarang sistemnya sudah berubah..
    Kl udah naek jd asistant steward, nanti bisa bantu2 making bed sama cabin steward..

    BalasHapus
    Balasan
    1. slamat siang pak saya hanya mau bertanya, berapa lama biasanya kita naik jabatan dari hotel steward ke assistand steward , mohon di blas pak ,terimah kasih

      Hapus
    2. slamat siang pak saya hanya mau bertanya, berapa lama biasanya kita naik jabatan dari hotel steward ke assistand steward , mohon di blas pak ,terimah kasih

      Hapus
    3. Selamat Siang..
      KAlau attitute bagus, rajin dll, biasanya kontrak kedua akan naik ke assistand steward.

      Thks mas Amrey.

      Hapus
  18. saya maw nanya mas,kalo bagian cui piring dan laundry bisa ga cewek mas??

    BalasHapus
  19. Thks telah berkunjung.
    Bagian ini membutuhkan fisik yang prima...coba nanti di Agen nya ditanyakan saja apa memungkinkan...?
    Selama saya di kapal, belum pernah ketemu ceweq yang kerja di bagian Galley/cuci piring, ataupun laundry. Meskipun ada ceweq di laundry tp hanya sebagai Tailor..

    BalasHapus
  20. Maaf sebelumnya .. Viesta boleh sms ke no saya adhe 082225536596 qta bicarakan lewat seluler saja .makasih

    BalasHapus
  21. Maaf ya Adhe, seperti semula, semua pertanyaan saya jawab disini saja.....supaya yang lain juga bisa tau.....thks

    BalasHapus
  22. Kalau interview untuk laundryman biasanya menyangkut apa?

    BalasHapus
  23. Wahh persisnya saya ga tau Mas, tp pertanyaan interview biasanya sekitar pengalaman kerja sebelumnya, harapan anda bersama Company yang dilamar dan pastinya sekitar dunia laundry...
    Thks telah berkunjung...

    BalasHapus
  24. Gini mas, saya pengen ngelamar tapi bingung pilih agen, kira-kira agen yang bagus apa ya!

    BalasHapus
  25. Coba ke CTI Jakarta/Jogja/ Bali atau ke SBI kapal Hall.
    Alamat ada di ALAMAT AGEN...

    BalasHapus
  26. Mas ktany skrng gaji ny brubah ya..mhon pncerahan ny dong...

    BalasHapus
  27. Di kapal mana? Kalau di Carnival nanti ane cari informasi yang benar dulu....salam dan thks telah berkunjung...

    BalasHapus
  28. September saya join di carnival mas posisi HK, tolong donk kasih tau cerita pahitnya saja biar saya bisa siapin mental.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat yak.....Cerita pahit ? hehe....biasanya ada Asistan manager yang ngasih kerjaan hardtime saja...
      Coba juga rajin bertanya sama para senior disana..
      Salam

      Hapus
  29. Kak, mau tanya info dong, apa kerja di kapal pesiar diperbolehkan menggunakan kacamata?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bolehhh....banyak kok yang pake kacamata...
      Thks

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Maaf gan,sekedar meyakinkan aj. Benarkah bolh pake kacamata? Krn sy dah tny pihak CTI jogja katanya HARUS TIDAK BERKACAMATA. Makasih .

      Hapus
    4. Halo mas Agung....sepengetahuan saya boleh berkacamata... beberapa teman malah ada yang berkacamata tebal..
      Thks..

      Hapus
  30. kak saya mau tanya . dengan modal lulusan d3 akomodasi pelayaran dengan baru pengalaman job training . bisa lebih mudah masuk pas ujian seleksi apa tdk ya?

    BalasHapus
  31. KAlau D3 Pelayaran masuk ke Kapal Pelayaran saja, jangan ke kapal pesiar.......sayang D3 nya. Soalnya kalau ke kapal pesiar nanti disamakan statusnya as a Cleaner (HK), Snack steward/Galley (FB)..dlll
    Atau kalau sebagai batu loncatan, bisa saja. NAnti kalau sudah masuk di Kapal Pesiar....coba ngelamar ke posisi yag lebih tinggi

    BalasHapus
  32. ass, mas saya mau tanya. ayah saya kerja dikapal pesiar HAL dibagian Cabin Steward. kalo boleh tau, tugas Cabin Steward apa saja ya? saya mau tanya ke ayah malu mas, biasalah karna mungkin jarang ketemu jadinya terasa asing saja kalo ada dirumah juga. thks VIESTA

    BalasHapus
  33. Waalaikumsalam…
    Stateroom Steward/Cabin Steward, untuk mudah nya kalau di Hotel, begitu anda masuk kamar, kamar sudah tersedia dalam keadaan rapih dan bersih. Besoknya begitu anda bangun pagi dan sudah siap-siap hendak pergi/wisata , biasanya anda akan ketemu dengan Petugas dari Housekeeping ini. Dan selanjutnya ia akan membereskan kamar anda lagi, begitu setiap hari. Demikian juga dgn di Kapal Pesiar, ada petugas yang membereskan kamar-kamar. Coba baca lagi di bahasan Stateroom Steward.
    Hehe, kok anda malu bertemu dgn ayah sendiri ya….
    Salam, thks telah berkunjung.

    BalasHapus
  34. mas klw bhasa inggris nya kurang bs g kerja d kapal pesiar??? klw bs d posisi apa??

    BalasHapus
  35. Hallo..
    Kurangnya segimana kurang ? Kalau minimal bisa mengerti percakapan sehari-hari, hapal nomor/angka, tau left/right dst, maka biasanya bakalan ditaruh di posisi yang ga banyak berhubungan dengan tamu, misalnya di Galley steward/laundry/housekeeping crew area...
    Cobalah bahasa Inggrisnya ditingkatkan lagi..

    Salam, thks telah berkunjung

    BalasHapus
  36. mas kalau misalnya masuk di kapal pesiar posisinya di dept. food and baverage, ada kemungkinan tidak bisa menjadi pada anggota pada bagian deck departemen???

    BalasHapus
  37. Bisa aja mas, terlebih kalau punya ijazah Pelayaran.
    Thks

    BalasHapus
  38. semoga lancar pekerjaannya dan sukses selalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh tengkyu telah berkunjung.Sukses juga buat anda

      Hapus
  39. Gan... ane suka bgt blog nya.. wuih informative dan rame pisan.. btw kyknya blm ada cerita dari bagian kitchen/galley ya? Kecuali galley steward.. ane lg prepare gan.. ane sbnernya udh kerja 5thn di salah satu multinational bank di jkt, tp br mulai 2thn lalu kepikiran utk pindah.. dan taun depan bakal ikut "sekolah" lg setahun.. dan rencana pengen jd cook...
    Share dong gan.. viesta
    Thanks a lot beforehand yagh gan :)

    BalasHapus
  40. Tengkyu gan...
    Sementara orang diluar sana pengen bekerja di Bank ya...hehe..
    Cerita Galley/Kitchen, nanti ane inget-inget dulu...berhub ane kerja di Housekeeping, jadi ceritanya kebanyakan HK ya..
    Sukses untuk sekolahnya dan banting stirnya...

    BalasHapus
  41. Halo gan viesta, ane mo nanya nih... misalkan kita kerja di kapal jd HK(hotel steward), trs next contract kita pengen ke FB gitu apa bisa ya gan? Trs satu lagi pertanyaan saya gan, untuk gaji hotel steward itu USD 500, apakah itu basic atau udah akumulasi bonus + overtime?

    BalasHapus
  42. Hallo Gan Fasikhul Rizal,
    bisa saja seperti itu, next contrack bagitu di kapal, bilang ke HK Manager bahwa mau pindah dan anda temuin FB Managernya......Jangan lupa dari rumah bawa referansi pendukung , misalnya sertifikat-sertifikat , kerja di Hotel as a waiter, dll.

    Gaji Hotel Steward udah semuanya gan...ga ada bonus and overtime....hehe.
    Dulu itu untuk nyari tambahan, bisa saja agan jualan kartu tlp, beresin kamar Waiter, nyuciin baju dll.

    Thks telah berkunjung.

    BalasHapus
  43. Gan mo nanya nih, crew carnival banyak yg out tu knp ya? Apa dah gak enak lg manajemennya....?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya....?
      Sy udah tidak di perusahaan lagi gan, jadi ga bs kasih jawaban..
      Thks

      Hapus
    2. Jadi agan dah gak berlayar lg? Lalu agan skr kerja di darat ato buka usaha?

      Hapus
    3. Sudah berhenti gan..., skrg Kerja di darat, Thks

      Hapus
  44. hi mas viesta!

    mau tanya kalo gaji waiter brp ya range-nya? trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gaji sekitar USD 3000-4000, gan
      Thks

      Hapus
  45. Bonjour
    Saya berencana bekerja di kapal pesiar...kira kira saya masuk kapal apa ya? dan sebagai posisi apa jika masih menjadi new employee...ddan saya menggunakan kacamata...aapa itu tidak apa apa?dan rencananya saya ambil D3 perhotelan
    Thx

    BalasHapus
  46. Hallo..
    Kl mau masuk D3, nanti bisa melamar ke FB/Bar. Yang non pengalaman bisa di FB service atau Cook helper dulu, nanti di kapal suka ada college buat naek ke jenjang yang lebih tinggi.
    Company ka[pal banyak gan, spt Royal Caribbean, Disney, Carnival dll...
    Pk kacamata ga masalah...

    Thks telah berkunjung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu collage nya dari kapal yg dituju? Dan ketika baru masuk apa kita magang apa karyawayan tetap? Trus kalau saya langsung ngelamar di house keeping bisa? Dan kontrak biasa brp lama?
      thx

      Hapus
    2. Begini gan...spy ga bingung.

      Karena agan mau masuk D3, maka jalurnya spt yang sudah sy bahas.
      Kalau jalurnya lulus SMA, agan harus pengalaman dulu di Restoran/hotel minimal 1-2 tahun. Setelah itu agan bisa ngelamar di HK/FB di posisi paling bawah, spt Hotel Stw/ Galley Stw.

      Jadi maksudnya kl D3, biasanya dpt posisi tawar yang lebih bagus.
      College ada di kapal Carnival, sedangkan Pendidikan yang dilakukan agen biasanya di agen Hall. Untuk yang lainnya saya ga tau persis.

      Kontrak dari 7-8 bulan tergantung Company.
      Salam

      Hapus
  47. Ka,mau tanya
    Kalau udh habis kontrak nya,mau nambah kontrak lagi,apa harus ke agent nya dulu atau kemana?
    Terus,biaya makan di tanggung kapal?
    Dan satu lagi,salary utk laundry brp?

    BalasHapus
  48. Kalau di Carnival, menjelang habis kontrak kita akan dapat kontrak baru, disitu tertera join tgl berapa dan di kapal mana.
    Pulang ke Indonesia tinggal lapor ke agen. Untuk Company lain sy kurang tau.

    BIaya makan ya ditanggung kapal mas, mau makan pagi siang sore tengah malem bisa... hehe.
    Salary kl ga salah sekitar 700-800 USD (di Carnival awal kontrak)
    Thks M.Rikzan telah berkunjung

    BalasHapus
  49. hi mas Viesta saya mau berangkat ke kapal tapi masih bingung nyari apa.. pertama saya mau nyari pengalaman dulu. saya tau kalo kerja ya pasti capek. cuman saya mau nannya kerjaan di kapal yg sedikit tidak nya lebih santai lah dikit itu apa. HK ato galey ato laundry mas, Maksi mas viesta semoga makin Sukses

    BalasHapus
  50. Halo mas Anonim, kl di kapal kerja di HK, Galley, Laundry semuanya sama ga ada yang santai gan.....hehe.

    KAlau agan punya hoby/ketrerampilan forografi, coba melamar as a Photographer ke CTI.

    BalasHapus
  51. mas saya anton dari bali.. klo misal saya di hk. di taruh di kolam renang.. apa seharian tuh berjemur mas.. mohon jwban nya ya mas.. mkasi mas

    BalasHapus
  52. MAs Anton...
    Waduhh kl seharian dijemur bisa gosong...hehe.

    Ng-Ga lah, kita punya kesempatan kok buat berteduh (pinter-pinter) aja, misalnya dgn nyapu-nyapu di beranda. Di beberapa area ada atapnya, jadi kita bisa berteduh

    Salam, thks telah berkunjung.

    BalasHapus
  53. Mas saya bayu, udah join di cti mau user interview, biasanya yg ditanyakan user apa aja ya?
    Saya apply di laundry, apa bagus ya untuk karir kedepannya nanti? Apa bisa cepat naik jabatannya? Trs orang indonesia paling gede dilaundry jadi apa? Thanks

    BalasHapus
  54. Halo mas Bayu. Selamat ya udah join CTI. Usernya dari Carnival/Royal/Disney?

    Pertanyaan biasanya sekitar laundry, pengalaman kerja sebelumnya, motivasi kerja di kapal, harapan kerja di Company spt apa.... puji aja company nya setiggi langit biar dianya seneng hehe...
    User juga akan melihat perform secara umum, sikap optimis, attitude, pokoknya jaga sikap sopan dan optimis..
    User kadang ada juga yg nanya detail/teknis, tp kadang ada juga nanya hal-hal umum saja....jadi persiapkan saja semuanya.

    Laundry OK. Banyak yang jadi Laundry manager.
    OK semoga lancar dan lulus wawancaranya

    BalasHapus
  55. Apa kabar gan Viesta? Saya Falah, pengen bgt kerja di kapal pesiar, tp sekarang saya 25 thn, tinggi badan pas-pas an cuma 160 cm, english pemula, sekarang saya lg training buat penempatan kerja di salah satu Resort/Villa di timur tengah sbg HK, insyaAllah brgkat thn ini dan katanya kontrak kerjanya antara 1/2 thn.

    Pertanyaan saya, apa dg karakter saya di atas masih mungkin kerja di kapal? Dan kalaupun masih bisa, apa aja yg harus saya persiapkan dr sekarang?
    Makasih gan sebelumnya, mohon pencerahannya.
    Salam..

    BalasHapus
  56. Kabar baik gan Falah. thks telah berkunjung.
    Selamat ya sebentar lg ditempatkan di Resort/Villa.

    Karakter dan pengalaman anda nantinya akan sangat mendukung sbg referensi untuk bekerja di kapal pesiar.
    Nanti di kapal, anda tentunya sudah terbiasa dgn pekerjaan HK, cuma dengan kapasitas tamunya saja yang lebih besar, nanti juga bakalan terbiasa dgn sendirinya.

    \Salam

    BalasHapus
  57. om saya apa gajih disana makin lama makin besar ya om?
    trus apa bener kalo kita sudah punya pengalaman dikapal pesiar,begitu pulang ke indo kita gaakan di bagian house keeping lagi? jadi maksudnya naik gtlah om

    BalasHapus
  58. Gaji makin besar tergantung posisi..
    Kl udah punya pengalaman di kapal pesiar, pulang ke
    Indonesia ? Maksudnya ngelamar ke Hotel....?
    Setidaknya bisa apply ke posisi asistan manager/Manager HK, atau naek ke posisi Chef (kalau background mendukung)
    Salam

    BalasHapus
  59. Mas saya pengen bgt mas kerja di kapal, tp kemarin saya dapet cerita dari tmn yg kerja di galey kapal carnival katnya di bagian galey itu kerjanya sadis mas, bahkan banya yg keluar, apa itu penyebabnya mas?
    Lalu galey sama laudry itu lbh enakan mana mas dan ganjinya banya mana mas. ? (maaf)
    Saya jd was was mau berangkat kesana.
    Mohon mas info detailnya.

    Terimakasi banyak mas _/\_

    BalasHapus
  60. Kerjaan di Galley munkin agak mengagetkan bagi yang pertamakali bekerja di kapal... tapi lama-lama biasa saja...
    Antara laundry dan galley sama saja mas...gajinya juga mirip-mirip.
    Thks telah berkunjung

    BalasHapus
  61. maksudnya beli tiket sendiri tertuju pada siapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu untuk posisi tipping sistem...spt waiter. assistant stateroom, stateroom steward, bar waiter dll
      Thanks

      Hapus
  62. Ane sangat tertatik dg blog agan satu ini. .
    Ane mau tanya gan, ane ada rencana kerja di pesiar lebih tepatnya di HAL, .tp ane lulusan smk n g ada background HK/FB. Rencana mau ambil kursus singkat dulu yg khusus pesiar. Ente kan jebolan HK .Terus apa aja yg hrs ane persiapin gan selain basic sm bhs inggris ? Oiya, salary awal range brp gan ?Share pengalaman dong. Thx

    BalasHapus
  63. Mas Laksamana thks telah berkunjung..
    di Agen Kapal Hal ada semacam pelatihan...coba ditanyakan disana persyaratan nya apa..
    Persiapan lainnya....mental dan fisik buat medikal..
    Salary awal start from 500 usd...

    BalasHapus
  64. Sampurasun gan. Nempangken asep ti bdg.
    Abi rada minat damel di kpl psiar tp llsn smk pnglmn magang d jpn 3th.
    Sanes lulusan prhotelan. Tah upami sanes lulusan perhotelan kedah kuliah d1 perhotelan ap heunteu?. Soalna msih bingung aya oge agen ap naon lah qtu upami lbet ka agen eta 3bln bljr teori 6bln training di hotel.
    Janten kang mending kuliah ap lngsung ka agen nya.
    Teras prnh baca blog tetangga llsn d1 prhoteln trus les b.igg teras nglmr ke sbi seep biaya sktar 10jt an. Nah sedangkan rerencgan nu hijina deui ka agen berbeda te kuliah tp lngsng dftr byr 40jt an tras 3bln bjr teori 6bln training teras brngkat.

    Menurut kang viesta kumha tah mending nu mana.?
    Mnrt abi mah
    Menurut segi biaya te jauh beda sih kang nya biay kuliah plus biaya upami lulus d sbi, minus na psti waktu lbh lami. To upami nu mhl wktu lbh cpet.

    BalasHapus
  65. Sampurasun gan. Nempangken asep ti bdg.
    Abi rada minat damel di kpl psiar tp llsn smk pnglmn magang d jpn 3th.
    Sanes lulusan prhotelan. Tah upami sanes lulusan perhotelan kedah kuliah d1 perhotelan ap heunteu?. Soalna msih bingung aya oge agen ap naon lah qtu upami lbet ka agen eta 3bln bljr teori 6bln training di hotel.
    Janten kang mending kuliah ap lngsung ka agen nya.
    Teras prnh baca blog tetangga llsn d1 prhoteln trus les b.igg teras nglmr ke sbi seep biaya sktar 10jt an. Nah sedangkan rerencgan nu hijina deui ka agen berbeda te kuliah tp lngsng dftr byr 40jt an tras 3bln bjr teori 6bln training teras brngkat.

    Menurut kang viesta kumha tah mending nu mana.?
    Mnrt abi mah
    Menurut segi biaya te jauh beda sih kang nya biay kuliah plus biaya upami lulus d sbi, minus na psti waktu lbh lami. To upami nu mhl wktu lbh cpet.

    BalasHapus
  66. Nuhun ka ng Asep Bara tos lebet kadieu...(eh mending ku bhs Indonesia wae nya supados nu sanes ngertos)

    Baiknya kunjungi agen langsung ku kang Asep supaya jelas sejelas jelasnya. Contona SBI, juga ke Agen Carnival ( maaf bukan promo ya).

    Tanyakan saja langsung baiknya bagaimana, kebutuhannya seperti apa, ada agen yang mensyaratkan training saja di hotel/restoran, ada juga yang mensyaratkan minimal d1 perhotelan, jadi supaya nantinya klop antara biaya yang dikeluarkan dgn hasil yang didapat...
    Jangan ujug-ujug langsung kuliah...ehh pas daftar ka agen ternyata ada juga yang ga kuliah/cuma training doang bisa diterima

    Tah kang Asep mung kitu saran ti kami mah....moga2 lancar...

    BalasHapus
  67. Thanks for answer kang viesta.
    Ane mau tanya lagi, kan ane sudah mampir di SBI n CTI. Kalau di SBI pemberangkatan gratis, kl di CTI bayar + dpt pelatihan,. Menurut ente prospek yg bagus di HAL/CTI gan ? Dalam arti jenjang karir, salary, respect agen ? Ane mau masuk as HK Department. Cuma masih bingung mau gabung yg mana. Mohon share info. Thanks

    BalasHapus
  68. Thanks for answer kang viesta.
    Ane mau tanya lagi, kan ane sudah mampir di SBI n CTI. Kalau di SBI pemberangkatan gratis, kl di CTI bayar + dpt pelatihan,. Menurut ente prospek yg bagus di HAL/CTI gan ? Dalam arti jenjang karir, salary, respect agen ? Ane mau masuk as HK Department. Cuma masih bingung mau gabung yg mana. Mohon share info. Thanks

    BalasHapus
  69. Halo kang LAksmana...
    mau masuk HK ya... menurut ane sih jenjang karir and respect agen, keduanya sama gan. Yang membedakan, kalau agan keterima di Carnival/CTI, salary lebih gede di Carnival. (ini menuruti beberapa temen yang pindah dari HAl ke Carnival)
    Goodluck gan.

    BalasHapus
  70. bang saya dari bali dan saya belakangan ini ada pelatihan untuk ke kapal pesiar sebagai laundry dan mungkin akan ada pelatihan tentang HK di kapal (mungkin menjurus ke cleaner), dan yg melatih saya ini akan men recommend ke CTI di bali
    saya sekarang umurnya baru 18th dan tidak kuliah, namun saya bekerja sbg houseman di hotel bintang 5 di bali dan pernah training sbg HK waktu smk, setidaknya saya bisa make up room
    saya ingin bertanya sebaiknya saya tahun depan ini mengambil kuliah D1 dulu, atau mungkin tanpa kuliah saya sudah bisa masuk ke kapal pesiar?
    dan mana yg lebih baik saya fokuskan? ke laundry atau ke HK? (seperti cleaner atau cabin steward)
    terimakasih sebelumnya kang viesta, blognya bagus :)

    BalasHapus
  71. Terimakasih bli Sudata Atmaja sudah berkunjung..
    wahh pengalamannya sudah banyak ya..,,

    Mengenai sekolah D1, sebaiknya ditanyakan ke agen CTI nya saja, perlu apa engga? Dan sekarang umur masih 18 tahun tanyakan juga ke CTI nya apa umur 18 sudah bisa masuk? kalau engga, ya teruskan saja dulu sebagai house man dan siapa tau bisa naik ke room attendant pegang kamar ...jadi nambah pengalaman lagi....Jaman sekarang susah nyari pekerjaan lho..

    Kalau selama ini sudah banyak berkecimpung di HK ya teruskan saja nantinya melamar ke HK...

    Good luck....

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha masih dikit, makanya pengen ke kapal supaya dpt pengalaman lebih :D
      oh gitu, tp kayaknya 19 tahun udh bisa ke star cruise ya?
      okedeh kang, terimakasih banyak sudah meluangkan waktu utk bales pertanyaan saya :)

      Hapus
    2. OK. Sama-sama. MAu ke StarCruise? bolehlah buat pengalaman. Sempet ketemu beberapa eks StarCruise di Carnival. Alasan kepindahan... biasa masalah gaji..

      Hapus
  72. Malam kang saya kemarin gagal di tes marlin nah sekarnag saya di sms agen buat tes ulang sebelum user di januari boleh minta tips dan triknya buat tes marlin hotel steward carnival nuhun pisan kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. MAlem kang Albi Zaenal...
      Wahh gagal ya....,mungkin kurang persiapan....coba berlatih lagi..
      MArlin test saya ga ada... tapi boleh dicoba di gugling.. "contoh soal marlin test"
      misalnya :
      http://jigokuzaemon.blogspot.co.id/2013/02/contoh-soal-marlin-test-untuk-kapal.html

      Selamat berlatih, semoga lulus dan berhasil

      Hapus
  73. siang mas,,mau nanya kalo kita sudah lolos interview final kan kita tinggal nungguapalagi ya mas.. apa tgl medical bisa langsung brgkat atau gmna.. trus mas boleh kasih info gak.. kalo gaji hosusekeeper cleaner sama pool attendant berapa.. terimakasih

    BalasHapus
  74. Selamat Siang...
    ya.. biasanya kita menunggu untuk medical, kalau lulus medical lalu kita bikin dokumen : spt passport, seaman book dll.
    Kl di Carnival gaji untuk HK cleaner dan pool attendant sekitar USD 500, nanti kl naek posisi gaji akan bertambah juga.
    Goodluck. thks telah berkunjung

    BalasHapus
    Balasan
    1. tambahan... coba itu agennya dikontak terus, supaya kita tidak terlalu lama menunggu, juga supaya admin agennya jadi ingat kita terus...heee (admin agennya bakal berpikir kita serius ...)

      Hapus
  75. Permisi gan, saya mau tanya. Untuk pemula biasanya apa ada off day?? Dan jam kerja apakah padat? Kalo ambilnya HK, pekerjaan pemula biasanya ditaruh di bagian mana ya? Trimakasih gan sebelumnya.

    BalasHapus
  76. Hallo Chrissia1

    Untuk pemula biasanya ada juga day offnya.
    Jam kerja biasanya 10 jam per hari.
    Dan untuk pemula (HK) biasanya ditaruh di pool area atau di crew area..

    Thks telah berkunjung

    BalasHapus
  77. gan saya mau tanya klau pngen jadi cleaning service pakai bsta scrb and lain2 nya gak mkasih

    BalasHapus
  78. kbetulan sya slam ini kerja di kapal swasta cm sbagai restorasi sama cleaning tidak pakai sertivikat laut

    BalasHapus
  79. Ya. Pakai Gan. Itu wajib di Pelayaran
    internasional.
    Thks telah berkunjung

    BalasHapus
  80. hi boleh tanyak gak
    kalok kerja dikapal pesiar tu harus pandai bahasa inggris jugak ya dan harus ada tamatan nya

    BalasHapus
  81. HAllo...

    YA betul....setidaknya harus bisa mengerti perintah Assistant/Manager/Officer. Bisa berkomunikasi dengan sesama crew, Petugas Bandara...dll.

    Thks telah berkunjung

    BalasHapus
  82. Hallo mas viesta salam kenal, saya lulusan D1 perhotelan & kapal pesiar. Dan pernh training 6 bulan as room boy, yg saya tanyakan bisa ga saya melamar assistant stateroom steward di CTI?

    BalasHapus
  83. Hallo salam kenal juga mas Ainun Najib.

    Kalau kebetulan ownernya pas lagi nyari posisi Assistant Stateroom Steward tentunya bisa bisa saja.

    Tapi pas dikapal, biasanya kita akan dibiasakan dulu dengan kebiasaan/irama kerja di kapal.
    Sebagai contoh, kita akan dihadapkan dengan keharusan make up room sampai 30-35 kabin, yang biasanya untuk newbie akan kepayahan...

    Kalau ternyata belum mampu, maka akan ditempatkan sbg Hotel Steward dulu...

    Thks telah berkunjung

    BalasHapus
  84. Oh seperti itu, kalo dari salary assistant stateroom steward & hotel steward berapa? Dan apakah orang yg baru pertama kali kerja di kapal peaiar itu harus dari posisi paling bawah dulu?

    BalasHapus
  85. Salary hotel steward sekitar 500 usd. Assistan stateroom sekitar 1500-1800 usd.
    Posisi, biasanya dari bawah dulu. Tapi kalau melamar di bag management biasanya posisi di Assistant Manager,(yang udah pengalaman sebelumnya)

    BalasHapus
  86. Assalamualaikum kang.. Mau nanya boleh ya? :D
    Pertanyaannya agak2 gimana sih.. Yg mau saya tanyain tuh kalo perempuan pake kerudung kan gak boleh kerja di kapal kan unless dia buka kerudungnya. Nah, kira2 ada masalah nggak kalo dokumennya berkerudung, misalnya paspor. Kira2 bermasalah nggak pas mau apply visa dll? Thanks..

    BalasHapus
  87. Waalaikumsalam...

    Kalau soal dokumen sepertinya ga masalah kalau berkerudung. PAspor,apply visa Amrik banyak juga yang berkerudung.
    Kalau soal bekerja di kapal dan berkerudung... sy juga kurang paham, sebaiknya ditanyakan ke agen nya saja.

    Thks telah berkunjung

    BalasHapus
  88. kalo yg berkerudung sih udah jelas kang nggak bakalan boleh kerja dikapal (kecuali buka ya) hehehe jadi kalo dokumen mah nggak masalah ya :D

    Makasih ya udah disempetin jawab :)

    BalasHapus
  89. Mas viesta numpang nanya, kalau di bagian Computer Systems Hardware Technician apa bener orang indo susah nglamar di bagian itu di kapal pesiar?

    BalasHapus
  90. Hallo...
    Saya pikir bukan susah ya, tapi belum ada yang mencobanya. Karena jalurnya dari agen ga dibuka. Coba melamar dulu ke bagian FB/HK, nanti kalau sudah di dalam bisa lanjut melamar ke bagian Computer System.
    Thks.

    BalasHapus
  91. Halo mas mau tanya, kalau posisi asst waiter d carnival gaji berapa ya?

    BalasHapus
  92. Halo mas mau tanya, kalau posisi asst waiter d carnival gaji berapa ya?

    BalasHapus
  93. Asisten waiter biasanya diatas USD 2000, tergantung station dan berapa tamunya...
    Thks mas Eko Yanu

    BalasHapus
  94. Malam mas viesta, saya mau nanya nih di Makassar kan ada tempat pelatihan selama 3 bulan teori dan praktek trus 6 bulan magang, nama sekolahnya Duta Samudera Indonesia dah banyak juga lulusannya kerja di kapal apakah sekolah itu credible atau gimana ? Trus saya kan sebelumnya operational manager di perusahaan transportasi umum di Makassar dan saat ini berusia 30 tahun, apakah masih bisa ikut di kapal atau tidak, bhs inggris aktif tpi belajar otodidak tanpa sertifikat. Nah kira2 kalau keterima itu mulainya di bagian apa nantinya yah ?

    BalasHapus
  95. Selamat malam mas Agus. Mengenai sekolah tsb saya ga hapal. Coba saja browsing sebanyak banyaknya.

    Agen biasanya menempatkan di posisi terbawah dulu supaya bisa masuk cepat spt utility, fbservis, HK hotel steward. Kalau mau begitu ya silahkan. Karena bahasa Inggris bagus, nanti setelah di dalam perusahaan bisa mencari peluang yang lebih baik lagi.

    Tapi kalau sayang dengan pengalaman di operation manager, coba nanti konsul dengan agen kapal pesiar nya saja, supaya dapat posisi yang bagus di awal.
    Umur maksimal biasanya ada di 35 tahun, konsul lagi dgn agen nya saja.

    Teimakasih

    BalasHapus
  96. Mas saya mau tanya. misalnya kalau kita sudah lulus semua tes dan tinggal tunggu naik kapal. Yang saya mau tanya kalau udah lulus tes, kita diminta biaya cash gak? Mksdnya biaya ini itulah hehe...Terus kalau mau masukan lamaran harus ijazah pehotelan yah? Soalnya ijazah saya ijazah kepelautan tapi dasar (rating) hehe. Makasih mas.

    BalasHapus
  97. HAlloo..
    Untuk biaya... biasanya sebelumnya udah dibicarakan dengan agennya....jadi nantinya tidak ada biaya lain-lain lagi.

    Tergantung Departemen mana yang mau dimasukin. Kalau ke bagian Hotel bisa ijasah Perhotelan atau SMA. Kalau ke Ship Division mis.Deck Department,Safety,Radio dll ....ijasah kepelautan bisa masuk
    Thks

    BalasHapus
  98. Saya sekarang 17 tahun pkl di malaysia hotel bintang 3 jadi housekeeping dan setelah ini mau ke institute binaloka ambil d1 nah saya bingung mau ambil lulusan apa dan bingung juga abis kuliah mau kerja di hotel dulu cati pengalaman biar lebih tinggi jabatannya atau langsung pergi kepesiar?mohonnn bantuannya mas viesta abdi ti bandung

    BalasHapus
  99. Salam kang Alto.
    Kalau beres D1 nya berarti umur masih 18an nya...
    Jadi cari pengalaman dulu saja baik di Hotel/Restoran. Soale beberapa agen mensyaratkan umur min 21 thn untuk ke Kapal.
    KAlau kata agen umur ga masalah ya go for it...
    Untuk jurusan... ya pilih yang paling sreg di hati saja.
    Thks..

    BalasHapus
  100. Assalamu'alaikum mas viesta,Anak saya sekarang kelas 3smk perhotelan dia pengen banget di pesiar, katanya mau kerja dulu,setahun langsung kuliah.untuk lapal pesiar,sedangkan sy tdk setuju,emang aman buat Anak seumur anak sy,

    BalasHapus
  101. Assalamu'alaikum mas viesta,Anak saya sekarang kelas 3smk perhotelan dia pengen banget di pesiar, katanya mau kerja dulu,setahun langsung kuliah.untuk lapal pesiar,sedangkan sy tdk setuju,emang aman buat Anak seumur anak sy,

    BalasHapus
  102. Waalaikumsalam pak Hgc Ggg.

    Insya Allah aman pak, rata-rata umur yang dipersyaratkan 21 tahun, di umur segitu sudah cukup dewasa untuk melihat mana yang baik dan buruk. Tentunya anak dibekali dengan budi pekerti dan agama yang cukup.

    Selamat dan sukses buat anaknya.

    BalasHapus
  103. Assalamualaikum pak viesta, saya dari padang, ada sekolah (kursus 3bln +magang 6bln) kapal pesiar dari jogja buka cabang disini namanya Sun marino, apakah bapak tau tentang sekolah ini dan kredibilitasnya?
    Kalo kita sudah punya sertifikat kursus kapal pesiar jika kta melamar ke CTI Apakah kita wajib ikut kursus yg dari CTI itu pak? perTerima kasih pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam R-Kaflis

      Mengenai sekolah tsb saya gak hapal.
      Rasanya melamar ke CTI ga harus wajib ikut sekolahnya.
      Terimakasih telah berkunjung

      Hapus
  104. Ass mas rencana saya mau kerja di kapal pesiar tapi umur saya msih 18 saya ingin di kapal star cruise dlu sklian nunggu umur apa bisa mas umur 18 th
    .saya juga lulusan smk hospitallitiy dan D1 hospitallitiy ini juga kerja di hotel sudah 3th posisi saya steward di hotel bhs inggris ya little by little apa bisa mas saya di starcruse dlu ambil posissi galley steward
    Mohon pencerahan nya... Mksh

    BalasHapus
  105. Sy kurang hapal batas usia minimal di StarCruise ya.
    Pendidikan sama pengalaman sudah lebih dari cukup. Segera melamar saja.
    Posisi bisa hotel steward...
    Selamat dan sukses...

    BalasHapus
  106. mas kasih saran dong agen kapal pesiar sekitar an Solo raya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayak nya di solo gak ada agen mas buat recrut ke kapal ada nya cuman pendidikan hospitallitiy, kalo IHS sama ISP itu jga pndidikan kalo gak salh stlah lulus ya di suruh cari agen sendiri,

      Hapus
    2. Saya mahasisa D3 IHS mas.nah dari itu saya tnyak agen di solo raya. Karena dari pihak kampus itu ada tapi dari pihak agen yang ke sini. Dah itu pun kalok ada dan biasanya di prioritaskan ke anak D1 kapal

      Hapus
    3. Sepertinya mesti ke Yogya ya.
      Thks mas Tyo dan mas Ibnu

      Hapus
  107. Mas viesta tau agen buat star cruise gak ya? Saya pegen intervew kemaren tmn sya umur 18 lbih 6 bulan bisa mas di possisi asissten waiter di kapal starcruise

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Ibnu, agen Star Cruise sy gak hapal. Coba tanya temannya itu, dimana agennya

      Hapus
  108. Hi..mas viesta..sy udah join intrvw yg ke 2 tnggl nunggu user untuk kapal viking.sy moe tanya biasanya intrvw dngn user brp lama..dan brp user yg akan mngintervw qta.trs tuk medikalnya presesnya sama kaya krj di darat or lebih deteil tuk ke kapal? Thanks mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. SElamat udah interview. Tinggal nunggu kedatangan user....berapa lama? waduh sy ga hapal. BIasanya tergantung kebutuhan di kapal ya..
      Biasanya satu atau dua user saja. BIaya ngedatangin mereka ke Indonesia cukup besar juga bagi agent..hehe.
      Untuk medical di kapal sepertinya lebih detail ya..

      Thks telah berkunjung

      Hapus
  109. mas kemaren qw ikut interview kapal pesiar, dan qw milih HK bagian room attendant, tapi kata nya dengan pengalaman qw yg cuma job training ama casual gg cukup. dan qw di rekomendasikan untuk melamar di bidang HK Cleaner. sebenernya HK cleaner itu apa ya mas ? yg qw tau sih PA (public area cleaner) kalo di hotel.
    tolong pencerahannya mas ... soalnya masih gg tau apa" ttg kapal pesiar.. Thanks

    BalasHapus
  110. Halloo..
    HK Cleaner ya betul kalau di hotel PA cleaner.
    Jadi nanti masuk di Hotel steward, dengan kerjaan bersih2 di open deck, area sekitar kolam atau di dalem seperti area sekitar restoran, koridor, atau lobby area.
    Bisa dibaca lagi di: HOTEL STEWARD

    Thks telah berkunjung semoga dapat diterima di kapal.

    BalasHapus
  111. Halo mas viesta,saya natalie, saya sangat berminat kerja di kapal pesiar.posisi yg memungkinkan utk bisa keluar pas port di posisi apa ya mas? Tinggi saya 147, apakah ada syarat tinggi di carnival(cti) utk F AND B dan HK?terima kasih

    BalasHapus
  112. Haloo mba Evi..
    Mungkin maksudnya visa ya. Kalau Passport sih semua WNI berhak mendapakannya.
    Saya lupa persyaratan tinggi...tapi dulu saya ada teman dengan tinggi kl 145/150...jadi sepertinya ga masalah ya.
    Coba melamar di posisi FB service..

    Thks telah berkunjung. Sukses untuk anda

    BalasHapus
  113. Haloo mas saya mau tanya
    Antara HK dan Waiter jenjang karir bagus mana serta gajinya antara 2 itu gedean HK atau Waiter gan??? nuwun

    BalasHapus
  114. HAllo mas Syahrizal.
    Jenjang karir sama bagusnya.
    Gaji juga sama bagusnya, tergantung besarnya station/section.
    Thks telah berkunjung

    BalasHapus
  115. Maaf gan saya dari Lombok. Mau bertanya seputar kapal pesiar. Saya ini orang baru di dunia perhotelan dan pariwisata. Syarat untuk masuk kapal pesiar itu apa aja iya ? HK/FB itu apa ? Apakah waiter itu masuk FB ato ga gan ? Apa ada jenjang karir disana ? Kontraknya berapa lama ? Terus sistem penyaluran di agen itu seperti apa ? Terima kasih gan infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo mas Danil Kalbu
      Thks telah berkunjung.
      Persyaratan biasanya ada pada agen masing-masing spt
      berbadan sehat,minimal pernah bekerja di hotel/restoran,bisa berbahasa Inggris dll.
      HK : House Keeping, F&B : Food and Beverage, suatu departemen di Hotel pada umumnya, termasuk juga di kapal pesiar.Waiter ya termasuk F&B.
      Jenjang karir ada dan untuk kontrak bervariasi dari 6-9 bulan.
      Agen biasanya menerima kebutuhan pekerja berapa banyak dari kapal pesiar. Nanti disesuaikan antara permintaan dan ketersediaannya...(ada di tulisan sebelumnya)

      Thks

      Hapus
  116. Bang Viesta saya lulusan d1 sudah kerja di hotel 1tahun bisa gx di kapal jabatannya langsung assisten room staward/state room nya

    BalasHapus
  117. Hallooo.

    Agaknya agak susah ya...tp coba tanyakan di agent nya saja.
    Soalnya (saat embarkasi) anda harus bisa dan terbiasa mempersiapkan kurang lebih 25-30 kamar untuk tamu baru.
    Sekarang kabarnya di Carnival malah jadi 30-37 kamar per section.
    Thks telah berkunjung

    BalasHapus
  118. Asslamualaikum kang,saya baru mau coba karir di sini, saya mau tanya,
    Biaya yang harus di siapkan brapa ya kang? Dan buat apa aja?
    Klo ke agen kita bayar jg kang? Kki misalny saya dr keluarga yg kurang mampu gmn?
    Terima kasih..

    BalasHapus
  119. Waalaikumsalam.
    Biaya bervariasi ya.Persiapkan kurleb 20jt...biaya antara lain untuk fee agent,visa,passport,medikal,tiket dll.
    Untuk pembiayan coba bicarakan dengn agen nya...coba tanyakan kemungkinan untuk pinjam yang nantinya akan dibayarkan dgn potong gaji kl sudah bekerja. Tentunya dgn perjanjian hitam diatas putih..

    Thks telah berkunjung

    BalasHapus
  120. Klo umurku 36 thn..Can i apply to work on the cruise ship? Cos i think.. i need to work seriuosly for long time...i mean for my carrier..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masihsa bisa Bingty..
      Kalau ga salah maks 35-36..
      Thks

      Hapus
  121. mau tanya mas
    saya bukan lulusan perhotelan
    tapi pernah ada pengalaman kerja di restaurant jepang america selama 4 bulan
    dan gak ada sertificate
    apakah saya ada kesempatan di terima ?

    dan bisa agan kirimin agent" terpercaya hehe
    makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sdr AceBlog.. bbrp agen mensyaratkan pengalaman kerja di hotel/restoran 1-2 thn..
      Coba diperbanyak dulu pengalaman kerja nya. Nanti minta surat pengalaman kerja.

      Untuk alamat agen ada di tulisan saya.
      Thks.

      Hapus
  122. Assalamualaikum, saya Bery dari Banyuwangi,

    Mau tanya mas, untuk lulusan Sma, (karir : baru jadi duta wisata,) dan ada lebih di bidang geografi/pariwisata,

    Lebih baik saya kuliah atau mengikuti sekolah kapal pesiar D1 ?

    Boleh minta saran sekolah kapal pesiar yang bisa dipercaya ?

    Bagaimana pendapat tentang HEC(malang) & CCC ( sekolah kapal pesiar jogjakarta) ?

    Mohon jawabannya ya mas

    BalasHapus
  123. Mas saya keterima di stateroom steward langsung dan udah me jalani training d agen dan tinggal menunggu visa apakah saya nanti di kapal masih tetap sebagai st. Steward apakah ke second recommendation..??

    BalasHapus
  124. Selamat pagi mas, terima kasih atas blognya, saya sangat tertarik utk bekerja lagi di HAL, tapi saya sudah pernah di TOS dari HAL. Terakhir bekerja disana tahun 2008 kalau saya lamar sekarang kira2 masih bisa diterima ngga ya mas? Pengalaman job training dan kerja yg baru belum ada hanya yg dulu. Apa saya tidak perlu cantumkan dulu saya pernah kerja di HAL di CV saya ya mas? Soalnya dulu pernah coba ngga diterima. Ini ada pembukaan lagi saya mau coba lagi. Takutnya ngga diterima lagi kalau ada recordnya. Menurut mas bagaimana enaknya? Mohon dibantu sarannya ya. Ty

    BalasHapus
  125. Selamat pagi mas, terima kasih atas blognya, saya sangat tertarik utk bekerja lagi di HAL, tapi saya sudah pernah di TOS dari HAL. Terakhir bekerja disana tahun 2008 kalau saya lamar sekarang kira2 masih bisa diterima ngga ya mas? Pengalaman job training dan kerja yg baru belum ada hanya yg dulu. Apa saya tidak perlu cantumkan dulu saya pernah kerja di HAL di CV saya ya mas? Soalnya dulu pernah coba ngga diterima. Ini ada pembukaan lagi saya mau coba lagi. Takutnya ngga diterima lagi kalau ada recordnya. Menurut mas bagaimana enaknya? Mohon dibantu sarannya ya. Ty

    BalasHapus
  126. Selamat sore mas salam kenal, saya lulusan d 1 perhotelan saya waktu training di bagian cook/produk apakah bisa saya melamar bagian hk atau service ya mas , tlong jwb ya mas terima kasih.

    BalasHapus
  127. Slmt sore, salam kenal kembali.
    Agaknya persyaratan cukup.Bisa melamar..
    Goodluck

    BalasHapus
  128. Salam bang viesta...
    Saya cewe dan saya minat kerja di kapal pesiar . tapi bahasa inggris ngerti dikit aja. Saya lulusan sma dan usia udah 35 tahun..
    Bisa ngga ya kerja di kapal pesiar bang ?
    Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam juga.
      Coba bahasa Inggrisnya dilatih lagi. Usahakan magang dulu di Service Indistri spt hotel/restoran.
      Selama berusaha dan berdoa selalu ada jalannya..
      Goodluck.

      Hapus
  129. Permisi om .... saya dedi umur 26
    Sudah pernah apply visa amerika
    Interview lukus dan dapat kertas putih artinya di approved.tapi stlah 3 hari dapat info klau visa USA saya d pending
    Mohon tanggapan om yg tkah pengalaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mas Dedi..
      Maaf untuk kasus anda sy ga bisa komen karena itu kewenangan US Embassy..

      Semoga visa nya cepat keluar..

      Hapus
    2. Oke mksh om viesta ...senang membaca blok anda
      Di tunggu cerita" motivasi nya

      Hapus
  130. salam om viesta,,,, saya umur 40 thn,,, pernah jadi cleaner di hotel,,, saya siap jadi cleaner di kapal pesiar,,, kira2 bisa gak yaa? faktor usia 40,,, bisa masuk

    BalasHapus
  131. apa usia saya masih bisa gak om,,,

    BalasHapus
  132. saya umur 40,,, bisa jadi cleaner,,, masih ada peluang untk masuk kapal pesiar,,,? mohon saran nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo mas Denny.
      Setahu sy biasanya umur maks 35 tahun..tergantung agen.
      Coba tanyakan langsung saja sama agen nya..

      Goodluck.
      Thks

      Hapus
  133. Gan kalo bagian HK harus ada penhalaman g?

    BalasHapus
  134. Haloo..
    Iya, biasanya agen mensyaratkan pengalaman 2 tahunan.
    Thks mas Faisal.

    BalasHapus
  135. Holaaa viesta..
    saya ada basic waiter merangkap steward di pizza hut. skrg saya bekerja di hotel bagian fornt office.

    saya mau tanya, its possible, kalo saya melamar kerja di cruise sebagai galley steward atau hk cleaner?? saya gak ada basic disana.

    mohon pencerahan. nuwus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo..
      Bisa. Kan ada basic di service industry
      Goodluck

      Hapus
  136. Bro mau tanya.. Saya kan bukan lulusan pariwisata tp pe galaman saya di PA 3 th dan room attendant di luxury hotel 2 setengah tahun.. Bisa gx ya ke cruise?? Mohon info dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa.Ada pengalaman di service industry.Pengalaman nya udh lebih dari cukup.
      Goodluck

      Hapus
  137. Mohon maaf, ini blog masih ada kendala jd respon agak lambat..

    BalasHapus
  138. Gan gaji hotel Steward sekarang brp dolar, thx sblmnya

    BalasHapus
  139. Gan gaji hotel Steward sekarang brp dolar, thx sblmnya

    BalasHapus
  140. Gan gaji hotel Steward sekarang brp dolar, thx sblmnya

    BalasHapus
  141. Gan sekarang gaji hotel Steward kisaran brp dolar yaa, soalnya mau ikut tes rekrutmen kapal bagian hotel Steward, thx sblm nya gan😉

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mas Dimas.
      Rata2 sekitar usd 500..
      Thks telah berkunjung

      Hapus
  142. Hi, Selamat Malam

    Saya seorang lulusan SMK Perhotelan, lalu saya lulusan D3 Divisi Kamar, dan sudah OJT 6 Bulan, tapi saya fikir fisik saya lemah untuk bekerja di cruise ship, dan saya hanya ingin bekerja sbg Room Attendant di cruise ship, di tempat OJT sy kebanyakan hanya di bagian Front Liner saja, apakah masalah fisik hanya menyesuaikan di tempat kerja?

    Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malam mas Rezab.
      Kl di HK as a Room Attendant harus memiliki fisik prima..
      Anda akan make up room sekitar 30 cabin..
      Good luck

      Hapus
  143. Mas kalo waiter brp gaj

    BalasHapus
  144. Holla

    Gann itu seriusan make up room 30-40 kamar?? Tapi kamarnya standarkan nggak gede gede amat?? Trus ane mw nanyak klo patner kerja itu gak mesti dpt orng indonesia kann??

    BalasHapus
  145. Haloo.
    Ya betul.
    Kamar standar ga terlalu besar
    Partner kerja bisa siapa saja.
    Thks

    BalasHapus
  146. Janagan lupa mampir ya genges http://pelautjalanjalan.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thks telah berkunjung.
      Siap ke TKP...

      Hapus
  147. Gan, mau nanya kalo kerja di kapal pesiar posisi HK itu tinggi badan penting tidak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo agan Syam..
      Setahu saya dulu di kapal banyak juga yg tingginya 150cm...jd ga pengaruh lah..
      Thks and goodluck

      Hapus
  148. Hi Hi viesta, seneng deh dapet info dari kamu. Cuman mau nanya nih. Kalo pas test ITC dipungut biaya administrsi kah???. Terus ada gak yg perlu kita persiapkan ngga?? Kaya dokumen atau apalah itu. Thanks a lot

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mas Gigih.
      ITC...maksudnya CTI?
      Tentu ada biaya2 dan ada dokumen yg hrs dipersiapkan.
      Untuk lebih jelasnya busa dibaca di Kelengkapan dokumen..
      Thks

      Hapus
  149. Gan, mau nanya misalkan waktu pas pelatihan itu jurusan service kalo pertama kerja dikapal pesiar itu di taruh posisi apa ya?, dan makasih atas respon jawaban kemaren.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya unuk pemula di posisi galley steaward, fb service atau hotel steward.
      Sama2...thks

      Hapus
  150. Kalo kita ambil jurusan hk terus nantinya mau kerja jadi waiter bisa tidak?
    Terimakasih.

    BalasHapus
  151. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus