SELAMAT DATANG !

SELAMAT DATANG, blog ini didedikasikan bagi semua yang ingin bekerja di kapal pesiar, mengetahui dunia kapal pesiar, atau sekedar ngobrol sesama crew.....

Selasa, 08 Mei 2012

PERSIAPAN BERANGKAT


Congratulation, selamat anda telah terpilih dari mungkin ratusan pelamar, selanjutnya persiapkan diri anda sebaik-baiknya.
Usahakan seminggu sebelum keberangkatan anda sudah beristirahat di rumah, segala tetek bengek yang anda beli baik baju-baju/pakaian/jalan-jalan, selamatan, kunjungan ke sodara untuk doa restu dll  usahakan beres di minggu ini. Jadi seminggu sebelum keberangkatan anda sudah benar-benar beristirahat, jaga kondisi anda.

Beberapa check list berikut mungkin bisa dipertimbangkan :

· Demi kepraktisan sebaiknya bawa koper besar satu saja dan satu tas ransel. Banyakin pakaian dalam, dan kaos kaki minimal 10 pasang, karena anda akan terbiasa untuk mencuci pakaian seminggu sekali saja (kumpulkan dulu pakaian kotor sampai satu minggu)
· Siapkan semua dokumen dengan teliti, cek dan cek lagi jangan sampai ketinggalan. Dokumen ini nantinya disimpan di tas ransel anda, karena nantinya anda memerlukannya ketika check in di Bandara. Dan jangan disimpan di Koper besar yang akan dimasukan bagasi, dikhawatirkan hilang.
· Siapkan obat-obatan pribadi seperti tablet flu/pusing. Juga obat gosok Vicks misalnya dan obat nyeri otot Salonpas/Counterpain (di minggu-minggu pertama, obat nyeri otot ini pasti anda memerlukannya). Hati-hati kalau membawa minyak tawon (yang dari Ujung Pandang) atau minyak Bokasih (yang dari Bali), baunya yang khas tidak semua orang bisa menerimanya (apalagi kalau sekamar sama bule, bisa di komplain).
Juga bagi yang (maaf) Bau Badan, pakailah deodorant, ini sensitif bagi orang lain, sementara anda tak menyadarinya. Jangan sampai dikomplain tamu atau teman sekamar anda.
· Bagi yang merokok, adalah terlarang untuk merokok di Cabin, tapi jangan khawatir di kapal ada area khusus buat anda yang merokok... biasanya di deck depan di area terbuka khusus untuk crew. Anda diperbolehkan membawa satu pack (slove). Kalau lebih dari itu bisa-bisa anda didenda custom di Taiwan/Singapore/Hongkong/US.

TERAKHIR... SIAPKAN MENTAL BAJA ANDA, BEKERJA DI KAPAL BUKAN UNTUK LEHA-LEHA, NYANTAI... ANDA HARUS BEKERJA KERAS... SANGAT KERAS UNTUK MENCAPAI CITA-CITA/ TUJUAN ANDA...

SELAMAT BERJUANG.....!!

10 komentar:

  1. bagaimana ini ............ saya mau berangkat tapi mental tempe....? help me plasee

    BalasHapus
  2. Semangat gan... biasanya kalau persiapan di rumah OK, mental anda akan naik dengan sendirinya.
    Persiapan apa..? Seperti misalnya persiapan fisik yang prima ( beberapa pekerjaan seperti HK, FOOD dan Galley memerlukan fisik yang prima)

    Tetap semangat..!!

    BalasHapus
  3. Gan kalo sabun mandi, shampoo, detergen buat cuci pakaian kita itu disediain apa kita harus bawa sendiri?

    BalasHapus
  4. Tahap pertama bawa sendiri aja gan.Setelah anda di dalam perusahaan, anda akan tau sendiri celahnya..hehe. Misalnya bisa minta orang HK, kalau detergen buat cuci pakaian bisa beli di kapal. Satu pak untuk cucian segambreng harganya 25 sen. Atau kalau lg di darat, agan bisa shopping.
    Thks telah berkunjung

    BalasHapus
  5. Gan, saya sma kelas 2, rencana mau masuk kapal pesiar juga, ada info tentang sekolah perhotelan yang bagus kah?

    THANKS :-)

    BalasHapus
  6. Posisi agan dimana...?

    BalasHapus
  7. Gan saya tamatan smp bisa gak saya bekerja di kapal pesiar?

    BalasHapus
  8. Biasanya Agen Kapal Pesiar mensyaratkan minimal 21 tahun, D3 atau SMA dgn minimal pengalaman kerja di hotel/Restoran 1-2 tahun. Tapi jangan berkecil hati, bisa aja agan nanya2 dulu ke Agen, dan sambil meneruskan sekolah bisa sambil bekerja/magang di Restoran/hotel, toh umur masih berapa ? antara 15-16 yak..

    Salam dan thks telah berkunjung..

    BalasHapus
  9. Gan saya mau tanya , saya kls 2 SMK jurusan perhotelan apa saya bisa kalau kuliah ambil jurusan kapal pesiar, atau sementara kuliah sambil magang dihotel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo.
      Kuliah perhotelan sambil magang di hotel saja...kesempatan nya jd dobel bisa ke kapal atw bs juga kerja dinhotel
      Thks

      Hapus