SELAMAT DATANG !

SELAMAT DATANG, blog ini didedikasikan bagi semua yang ingin bekerja di kapal pesiar, mengetahui dunia kapal pesiar, atau sekedar ngobrol sesama crew.....

Rabu, 06 Juni 2012

WELCOME ON BOARD I


Untuk yang pertama kali berangkat, biasanya agen menempatkan anda bersama –sama dengan yang sudah bolak-balik ke kapal, jadi jangan khawatir, anda akan dibimbing oleh mereka, mulai persiapan check in di Bandara, mencari gate, sampai kedatangan di tempat tujuan. (suatu saat anda pun akan membimbing mereka-mereka yang masih baru-baru, demikian seterusnya kita saling menolong.)

SELAMAT !! Satu langkah kedepan demi masa depan telah anda buat. Anda telah mendarat di EUROPE / AMERIKA....Sejenak anda menenangkan diri, untuk yang beragama Islam anda ucapkan Alhamdulillah.

Selanjutnya anda akan keluar gate dan anda akan menuju ke IMIGRATION check point.
Biasanya telah ada petunjuk kemana all crew / seaman menuju.
Serahkan semua dokumen yang telah disiapkan, spt PASSPORT, SEAMAN, LG/Job LETTER, MEDICAL, Surat Referensi dari Agen dll. Semuanya akan dicek oleh petugas, termasuk ia akan menelepon OFFICE Kapal Pesiar anda untuk mengkonfirm bahwa anda betul-betul orangnya.

Jika semuanya OK, Passport akan dicap. Cap kedatangan... Selanjutnya anda akan menuju Baggage area untuk ngambil luggage/koper anda. Setelah koper didapat anda akan melalui Custom area, dimana Luggage anda masukkan lagi ke mesin X ray. Biasanya akan ditanya apakah anda bawa makanan, meat, dll, jawab TIDAK.
Kadang-kadang, kalau udah larut malam, seperti yang pernah penulis alami, dibagian Custom ini anda tidak di cek lagi, langsung keluar.............sekali lagi SELAMAT... anda telah siap untuk bekerja.

Di luar Bandara (tergantung Company ) anda akan dijemput perusahaan atau anda dipersilahkan naik kendaraan antar jemput Hotel (ditandai dengan SIGN nama Hotel yang cukup jelas) ke tempat Hotel anda menginap’ It’s free, atau kadang anda cukup beri tip 2-3 dolar ke Sopir. Biasanya sehari sebelum join ke kapal anda sudah tiba di hotel. Hotel cukup bagus, untuk Carnival Crew biasanya menginap di Holiday Inn atau Mariott Hotel/ sekelas.  Di Carnival, semua akomodasi Hotel adalah free, kecuali Tlp/keperluan pribadi.

Setibanya di Hotel, anda Check in dgn menunjukkan semua dokumen yang sama dengan yang anda tunjukkan di Imigrasi tadi. Biasanya Front desk sudah cukup hapal akan situasi seperti ini. Dan biasanya di Lobby Hotel juga pada berkumpul sesama Crew dan anda dapat berinteraksi dengan mereka.

Tergantung jadwal pesawat, kalau pagi-pagi sudah di hotel, anda dapat beritirahat sejenak. Untuk makan siang anda dapat kupon makanan. Setelah makan siang, usahakan check di Lobby area, cari  Board papan pengumuman, kapan anda join di Kapal, kadang-kadang Nama Kapal yang tertera di LG/Job letter, nantinya di PAPAN PENGUMUMAN akan berubah dan ini yang terbaru yang berlaku buat anda.

Usahakan beristirahat, perjalanan panjang dari rumah ke Amerika menghabiskan waktu dua hari, cukup melelahkan apalagi ada perbedaan waktu yang cukup mencolok. Pada saat anda check di Hotel jam 10 pagi, di Indonesia (jam tubuh anda) adalah malam hari.

Tergantung anda akan join di kapal mana, kalau anda menginap di Miami, biasanya besoknya anda sudah ditunggu di Lobby, anda akan diantar ke Pelabuhan untuk langsung join di kapal  atau anda diantar dgn Bus ke Tampa ( +/- 5 jam perjalanan), atau anda mendapat ticket tambahan untuk terbang lagi..

Sekali lagi PERHATIKAN PAPAN PENGUMUMAN dan tanyakan ke Front Desk apakah ada jadwal baru.

ENJOY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar