SELAMAT DATANG !

SELAMAT DATANG, blog ini didedikasikan bagi semua yang ingin bekerja di kapal pesiar, mengetahui dunia kapal pesiar, atau sekedar ngobrol sesama crew.....

Senin, 30 Juli 2012

RAMBO STYLE


Apakah itu...? Bagi House Keeping yang udah di Carnival pasti tau apa itu Rambo Style. Suatu gerakan bersih2 yg serba cepat, secepat kilat..! ini sangat diperlukan bila tiba hari Embarkation Day...( for new sign on....embarkation day adalah hari yang paling sibuk di House Keeping, disini ada kegiatan nurunin koper tamu lama dan masukin koper tamu baru. Juga kegiatan membereskan semua kamar tinggalan tamu lama untuk mempersiapkan kamar rapih jali bagi tamu baru..)

Pernahkah anda bayangkan dalam satu hari, mostly sebelum jam 12.30 anda harus menyelesaikan 27 cabin = 54 bed (kalau semua single bed, hil yang mustahal) rata2 sampai 60 bed/lebih, padahal anda baru start sekitar jam 7.30.
kalau yang ga biasa punggung bakal panas bin nyut-nyut. Tapi karena kebiasaan..+ Rambo style,  ya khirnya selesai juga
Untuk menyiasati sempitnya waktu, biasanya kita nyuri2 kl guestnya keluar u/breakfast atau ke Imigrasi.. Nah pada saat itulah kita take kamarnya... Ganti semua sheet, bersihin bath room. dapatlah 1 kamar..! Nyicil istilahnya, disini mata harus awas bin jeli tamu mana saja yang keluar kabin.
Paling sial, kalau guest nya balik dari breakfast bukannya segera angkat kaki, malah uncang-uncang kaki masuk lagi kamar, tiduran, pake bathroom...nyantaaaiiii.. sementara kita yg beres-beres diluar pada ngomel....di acak-acak lagi ga...???
 Some cabin steward bilang urusan bersihin kamar tiba2 ga kerasa udah 10; 15, atau 20 tahun..!
Inilah yang namanya smart gaya Indonesia. Soale kalau ngikutin semua yang diharuskan ini itu... badan bakal ga kuat broo dan kamar ga bakalan siap pada waktunya..

Contoh lain di Inspiration ( for new Sign on... ini nama kapal Carnival). disini banyak bagian kapal yang terbuat dari kuningan yang harus dibersihkan sampai kinclong tiap hari..!
Bagian yang harus dibersihkan itu misalnya pegangan tangga.. dimana di Inspiration di guest area nya memiliki tiga tangga utama, mulai dari depan (dr lantai 12 sampai lt3), tengah dari lantai 9-lt 4 dan belakang (lt 10-4). Semua pegangan tangga ini terbuat dari kuningan yang harus di brasso tiap hari. Brasso biasanya dilakukan oleh yang kebagian tugas malam. Dibagi tiga group, depan, tengah, belakang.Biasanya satu gosok brasso basah, dua orang gosok pake lap kering. Mulai dari lantai teratas dulu.
Bagi yang ga biasa nge brasso satu area bisa berjam-jam... tapi denga ngaya rambo ini bisa selesai dalam setengah jam... kinclong depan tengah belakang...! sharp sebelum jam 5 pagi udah rapih jali..

DI INSPIRATION SIAPA YANG  PALING  TAJIRR DI RAMBO STYLE....HEHE HAYO NGAKUU..!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar