SELAMAT DATANG !

SELAMAT DATANG, blog ini didedikasikan bagi semua yang ingin bekerja di kapal pesiar, mengetahui dunia kapal pesiar, atau sekedar ngobrol sesama crew.....

Rabu, 19 Maret 2014

Service dan Service



LIDO  area di kapal Carnival (For new sign on)  adalah area POOL utama, di Lt. 10, dimana tamu bisa berenang dan berjemur sepuasnya . Disekitarnya ada Restaurant dimana tamu yang kelaparan habis berenang  bisa makan sepuasnya sampai kenyang…. It’s free….gratis-tis ….hehe.

Disini tamu diberi kebebasan mau makan di dalam restaurant, di teras, di kursi pool, atau mau lesehan  terserah. Dan setelah acara makan memakan ini maka akan terlihatlah sisa piring gelas kotor bertebaran dimana-mana. Dan yang kebagian beres-beres ( kecuali yang di dalam restoran) adalah hotel/deck steward……hehe…

Restauran ini  buka buat  Breakfast,  Lunch, sore-sore ada Burger, Hot Dog, Dinner, Midnight Buffet  dan juga ada Pizzeria 24jam !

Di Pizzeria ini hanya ada 2 orang yang melayani yaitu si tukang masak pizza alias Cooknya dan yang satu lagi melayani pesanan  tamu. Biasanya mereka bertugas bergantian.

Ya kebagian bikin pizza ya kebagian melayani juga…(”Yes maam /sir/ kids, what would you like ?” ) Bagi yang melayani tamu di line depan ini harus full service, full hospitality, muka cerah walaupun habis putus sm pacar misalnya ….lagi galau abisss…..atau habis dimarahin asistan dll,  hehe…...soalnya kalau salah pasang muka, bisa-bisa di komplen tamu, dan kalau tamu udah kompen…. Hahhh …!

Pernah sang Cook cerita, ada  anak abg mau pizza (jenisnya apa, udah lupa)  yang belum ready dan  si kids disuruh nunggu sebentar. Ga lama ayahnya datang nanyain  ke anaknya kok pizza nya belum dapet. Dan entah gimana cerita si anak ke ayahnya…. Tau-tau si ayah ini datangin sang Cook  sambil marah –marah,  kok belum kebagian pizza…..dan  sampai bilang apa karena aku ini orang hitam dan ente kulit putihh …..waaah  kalau sudah urusan  model begini bisa sangat sensitive….

Si Cook akhirnya call supervisor  dan diselesaikan supervisor dgn penjelasan bahwa untuk pizza yang dipesan si kids memang harus bikin mendadak,  ga bisa ready stock, soalnya harus fresh and fresh…..

Akhirnya  ayah dan si kids  berlalu setelah dapat pizza  dan complimentary  extra pizza…….

Dari kejadian ini maka buat para cook yang melayani lini depan harus ekstra hati-hati , santun, full hospitality….dan pasang muka cerah dgn senyum yang lebaaaaaaar…….

-------------------------------
PEACE brow, santai aja ye.. jangan marah-marah gitu, kami ini ada di Hospitality industry, siyap melayani anda-anda sekalian tamu-tamu terhormat……Welcome on board..


7 komentar:

  1. ceritanya menarik sekali gan
    hampir seluruh artikel di blog ini sudah saya baca hehe :D
    ngomong-ngomong ada no hp/WhatsApp/pin bb ga? mau nanya2 nih soal kapal pesiar, ada minat join di cruise. :)

    BalasHapus
  2. Thks Andhika udah berkunjung dan udah baca2artikel.....
    Baiknya di email saja ya..kan ada alamat email
    Thks

    BalasHapus
  3. Mantap gan..ane rencana mw onboard juga.. Dah kumpul2in duit..ane diploma 1 hotel.. Pernah ojt dulu d lemeridien..sekitar 4-5 tahun lalu.. Sekarang msh aktif kerja di karaoke entertainment as captain waiter. Nah yg jdi pertanyaan ane.. Posisi awal ane bagusnya apa ya.. Ane wine servicw dan bevereges service udah d luar kepala..sedangkan ane lebih condong untuk beverages service.. Secara kl untuk waiter di fine dine in ane ga kuasai bener2..apa bisa langsung ke bar waiter.. Atau dri low level entry. Dulu.. Sperti galley or bar steward..?? Mksh y gan.. Oh ya ane add email agan..

    BalasHapus
  4. Hallo...
    Posisi tawar agan sudah bagus...coba aja nglamar lgs ke Bar Waiter..
    Thks

    BalasHapus
  5. Saya sgt senang menemukan blog ini..
    Saya termasuk org yg sgt suka cruise..
    Sejauh ini baru pernah mencoba kapal starcruise virgo dan RC voyager of the seas dan bln 10 ini berkesempatan mencoba RC mariner of the seas. Semuanya start dari Singapore dan selalu memakai balcony stateroom.
    Knp saya senang menemukan blog ini karena selama ini hanya membaca blog tamu yg review cruise ship. Dan skrg bisa menambah wawasan saya ttg crew yg bertugas di cruise ship.
    Saya juga pernah menonton tayangan "mega food" yg menceritakan bgmn crew menyediakan begitu banyak makanan setiap hari. Membuat saya sgt tertarik dgn manajemen cruise ship yg menurut saya hotel sekelas MBS pun tidak ada apa2nya.
    Saya sih punya impian suatu hari nantu bisa berpesiar dgn oasis class cruise ship, yg ntah kapan bisa kesampean krn hingga saat ini, ukuran kantong masih selevel asia hehe.. biaya cruise sih mungkin gak beda jauh sama yg di asia.. yg mahalnya itu pesawat dan tetek bengeknya.. gak mungkin donk ke florida cuma naek cruise ship aja.. ya minimal seklian raon2 di east coast dulu lah.. makanya sy bilang impian yg masih jauh hahaha..
    Oh ya..
    Izinkan sy sbg tamu utk berkomentar sedikit.. terkadang memang tamu mempunyai ekspektasi berlebihan ttg pelayanan, dan ada yg malah sgt keterlaluan.. saya sih tdk prnh menemukan pelayanan yg kurang dari kedua cruise ship sebelumnya.. kru kapal sangat ramah dan riang dari A sampai Z. Dan itulah yg dicari oleh tamu.. we are on vacation.. kalo level kuli kyk saya kebagian vacation cuma setaon sekali hehe.. kebayang gak kalo vacationnya ketemu kru kapal yg nyeselin hehehe..
    Apalagi harga tiket cruise ship skrg pun uda sgt mahal (sebenernya sih salah kurs kita yg melemah trus).. hehe..
    Anyway.. keep your spirit and always do your best.. God will always bless u..

    BalasHapus
  6. Termakasih Pak Willyanto Onggusly telah berkomentar disini.Senang mendengarnya.
    Wahh pengalaman cruise nya sudah banyak ya pak..
    Yes. As Always pak, kita selalu berusaha memberikan service yang terbaik buat tamu. Tapi ya begitulah dari ribuan tamu yang kita temui tiap hari suka ada yang agak merepotkan…hehe. Terutama tamu repeater yang suka memanfaatkan/mencari kesalahan crew dan complain untuk mendapatkan complimentary service…
    Kalau ada rencana tour ke east coast/west coast Amrik ya minimal sediakan waktu 2 minggu. Perjalanan lumayan bikin pening terutama jetlag nya itu. Kalau saya butuh 3 hari untuk penyesuaian dari siang menjadi malam dan malam menjadi siang.. hehe. Untuk cruise ship di Amrik ke Caribian, rata rata bertarif usd 700an untuk cruise seminggu. Dan usd 300an untuk 3 harian.

    THKS atas Do’a nya. Salam

    BalasHapus