Bagi newbie… atau yang udah karatan di kapal..hehe ini adalah
mata pelajaran wajib yang harus diikuti. Apalagi bagi senior, level assistant manager, manager sampai Hotel
Director.
Boat drill, namanya juga drill, anda akan
dibiasakan bertindak sesuai latihan berulang
yang terus menerus dilakukan, seperti pengenalan
tanda-tanda keselamatan, tanda bahaya berupa sign di dinding kapal, tanda alarm/sirine kapal, dll.
Contohnya begitu anda sign-on/join di kapal, setelah
urusan kamar sama seragam selesai, hari itu juga anda akan meeting dengan semua
yg sign-on hari itu dan dengan membawa life jacket. Dipandu Safety Officer semua
life jacket akan diperiksa kelengkapannya, lampunya peluit tali-talinya . . . selanjutnya anda akan ditunjukkan dimana tempat berkumpul kalau
keadaan emergensi, seperti ( amit-amit ya jangan sampai dah) misalnya kecelakaan nabrak karang, serempetan sama kapal lain,
kebakaran dll.
Selanjutnya sore hari begitu kapal sail... Anda akan menuju ke
tempat berkumpul yang disebut dengan Muster Station dan menunggu instruksi selanjutnya dari Kapten.
Kalau keadaan memburuk, maka semua penumpang dan crew akan menuju sekoci
penyelamat.... Ini adalah simulasi untuk nanti dalam keadaan sebenarnya diharapkan jangan panic dan pada blingsatan menceburkan..../menyelamatkan
diri. Diharapkan dengan drill ini masing-masing tahu tugasnya dan berkumpul
dengan tertib di tempat yang telah ditentukan.
Dril ini akan terus dilakukan biasanya
sebulan dua kali dan akan lebih sering bila menjelang kedatangan Coast
Guard, inspeksi dari pengawal pantai Amerika boooo…..
Yang lebih parah kalau kedatangan Coast Guard ini bersamaan dengan
datangnya USPH (United States Public Health), di hari Embarkasi....dimana penumpang lama
turun dan penumpang baru mau naik....waah pokona mah pabaliut bin kroditt.....
Yang dibagian Dining room, Galley, Housekeeping bakalan
sibuk. Ga crew ga supervisor. Galley, kitchen akan disikat habis sampai kinclong........dan supervisor
akan memeriksa sampai pakai senter di kolong meja, drain, channel dll. Di HK supervisor akan mencek
semua pantry, ice bucket dan gudang
peralatan dirapihkan. Malah mesin es dikosongkan...hari-hari yang dibilangnya
hard time...hehe.
LAnjuut..? IStirahat dulu lahh..mamagayoo..
OK bro... hari-hari
berlalu..dibawa enjoy aja. Ciao dulu..
Kang..
BalasHapusAi dokter sareng perawatna di kapal teh urang mana nya?
Aya sabaraha jalmi orang kesehatana kang..
Nuhun inpo na nya
Dokter sareng perawat aya ti England,Spanyol,India dll.
BalasHapusDokter satu orang, perawat aya 4 atau lebih.
Nuhun kang..
Ketinggian untuk latihan abandon ship berapa meter gan ?apakah yg abandon itu semua crew/cuma sebagian ?
BalasHapusAbandon utk kapal pesiar
BalasHapusHallo Budi Ibanes..
BalasHapusLAtihan abandon ship biasanya cukup sampai kita tahu life raft no berapa jatah kita,dimana tempatnya dan jalan menuju ke tempat life raft. Semua crew harus mengetahui no life raft nya.
Untuk kapal lama, tempat peluncuran di lt.10. Untuk kapal baru biasanya di Lt.3...tergantung Kapal dan Company juga
Untuk kapal penumpang drill di lakukan brapa bulan ,?
BalasHapusUntuk kapal penumpang drill di lakukan brapa bulan ,?
BalasHapusUntuk crew biasanya sebulan 2x atau lebih.
BalasHapusthks
Cek
BalasHapusAlhamdulillah, sepertinya sudah normal lagi
BalasHapusTest
BalasHapusPandemi 20/21 bikin suami vacum 1 tahun dari pesiar. Tapi alhamdulillah di 21 akhir mulai normal kembali :')
BalasHapusAlhamdulillah..dapat bekerja kembali
HapusSemoga semua baik2 saja.
Thks telah berkunjung