SELAMAT DATANG !

SELAMAT DATANG, blog ini didedikasikan bagi semua yang ingin bekerja di kapal pesiar, mengetahui dunia kapal pesiar, atau sekedar ngobrol sesama crew.....

Kamis, 04 Oktober 2012

DRY DOCK


Bagi “new sign on” ini istilah buat kapal yang akan di service, dimana kapal nantinya akan masuk ke Port, lalu masuk area seperti kolam raksasa. Kemudian airnya di pompa habis keluar, begitu airnya habis tinggal lah kapal berdiri di pelataran yang telah kering dan siap di repair.

Service disini meliputi mesin, tapi karena ga mau rugi tentunya sekalian dengan repair interior. Kadang semua karpet diganti atau kalau masih bagus karpet-karpet ini cuma di tutup plastik doang. Pekerjaan besar-besaran buat House Keeping... semua karpet di kapal di tutup plastik...
Ane pernah dry dock besar-besaran  di Sensation ( nama kapal Carnival) dimana semua bath room diganti, karpet baru semua,, kapal di cat ulang, masang water boom di deck 11.
Mesin yang segede-gede gerbong kereta api sampai di angkat..... dikeluarin dari deck 3 yang dikerat kaya motong kaleng sarden..!
Dan yang cukup merepotkan yaitu sampah... sampah dimana mana man... Tukang kayu benerin tangga di deck, House Keeping yang  dipanggil, upholster masang karpet, sisa buangannnya Hk lagi yang dipanggil,  tukang ledeng bongkar pasang bath room, manggil lagi HK.... gileee House keeping laku keras..

Dan cilokonya bagi kita Assistant dan Stateroom steward yang mengandalkan Gratuiti/tip dari tamu. Karena ga ada tamu, kita yang udah kerja babak belur gini cuma dibayar gaji pokok sama totalan berapa hari kita kerja, dimana Dry dock bisa 3 minggu sampai satu bulan...rata-rata gajian kita sangat minim... yah anggap saja amal.. tabungan buat kita nanti..

Sekali waktu kita Dry dock di Virginia.
Ditengah-tengah kerjaan udah santer terdengar cerita kita mau pada maen ke Washington, maka strategi pun disusun..
Akhirnya lewat Stateroom Steward senior, dapatlah ijin dari HK Manager untuk pada maen ke Washington DC. (Kebertulan HK Manager ini sangat bersahabat dengan orang-orang Indonesia).
Yang lucunya karena kita merasa udah dapat ijin, pagi2 nya kalau ga salah ada 12 orang langsung pada cabut... out-out, lets’go man...
Tapi rupanya info ini belum sampai ke Assistant Manager pagi... Begitu jam 7 pagi mulai kerja, diabsenlah satu-satu... hehe. Ga ada satupun yang muncul.. ! Cuma ada 5 orang Filipino.
Si Filipino cerita...itu sang Assistant Manager sampai mencak-mencak : ”Where all Indonesian man...?“
Taunya all Indonesian lagi pada ke Washington  man… hehe..!
Besoknya sang Assistant ga bisa apa2.. wong kito all Indonesian udah di back up sama Chief...kita kerja seperti biasa aja.. hehe

PEACE  BRO.......

2 komentar:

  1. mas bro, docking nya kapal pesiar cuma dry dock aja ya?
    kalo kayak wet dock dll itu HK gak kerja kan ya? bisa bener2 liburan kan ya?

    BalasHapus
  2. Haloo.
    Wah kl HK kerja brow.
    Tp dulu pernah ada F&B yang bisa full libur..ga tau skrg

    Thks

    BalasHapus